Masuk

Ingat Saya

Kemudahan Media Online dan Terorisme

Peningkatan dan perkembangan teknologi dan informasi sangat berkembang pesat di dunia pada saat ini. Hal ini di cerminkan melalui banyaknya media yang dapat digunakan   untuk memperolah informasi dengan cepat, murah, dan mudah dari seluruh dunia. Sehingga informasi dalam bentuk apapun akan mengalami perputaran dan  pertukaran dalam waktu yang sangat singkat dari semua tempat di pelosok dunia.

Namun, tidak bisa dipungkiri lagi kemudahan ini justru dimanfaatkan oleh sebagian golongan untuk melakukan perpecahan, menebar kebencian, dan juga pemalsuan fakta-fakta untuk kepentingan pihak-pihak tertentu yang tentunya akan mengarah kepada kehancuran. Aksi semacam ini bisa digolongkan sebagai tindakan terorisme yang merupakan musuh dari dunia itu sendiri.

Pengaruh-pengaruh buruk semacam ini tentunya akan menjadi doktrin yang secara tidak sadar akan terus-menerus masuk dan mempengaruhi seseorang karena ‘candu’ internet ini sudah mendarah daging bagi kehidupan dunia pada saat ini. Hampir semua aspek kehidun manusia bergantung pada media online (internet) ini, mulai dari hal yang sepele sampai hal yang sifatnya besar.

Terorisme itu sendiri merebak melalui orang-orang awam yang secara alam bawah sadar menyebarkannya dengan unsur ketidak sengajaan. Banyak orang yang menyebarkan informasi yang dibuat khusus oleh pihak tertentu tanpa mengetahui kebenaran yang ada di dalam informasi tersebut merupakan valid atau tidak dan akhirnya informasi yang sudah dilencengkan tersebut menjadi populer dan banyak orang yang mempercainya.

Lalu? Bagaimana caranya agar terhidar dari ketidak sengajaan terorisme?

Hal yang harus diperhatikan adalah sejauh mana seseorang mampu menelaah kebenaran sebuah informasi. Disini, diharapkan setiap orang tidak langsung menerima apapun yang mereka dapat dari media online (internet) mengkritisi dan mengaitkannya dengan logika serta relevansi dengan keadaan dunia sekarang.

Mecari fakta dari berbagai sumber berbeda dan membandingkan mana yang paling benar. Jangan percaya dari satu sumber dan langsung membaginya ke orang lain, baik itu melalui fitur internet social media maupun langsung menyampaikannya kepada orang lain.

Terakhir, jadilah pengguna internet yang cerdas. Ambil manfaatnya sebanyak-banyaknya dan jauhi hal-hal yang buruk.

Dengan